Headline Indonesia

Loading...

Senin, 21 Mei 2012

PT PLN dapat Dana Listrik Desa 2.5 T

JAKARTA. PT PLN (Persero) akhirnya yakin bisa menaikkan rasio elektrifikasi dari 73% menjadi 75,3%. Optimisme itu muncul setelah pemerintah mengucurkan Rp 2,548 triliun untuk membangun jaringan listrik di pedesaan.

Direktur Konstruksi PLN, Nasri Sebayang mengatakan, dana sebesar itu akan dipakai perseroan untuk mendanai program listrik masuk desa di 31 provinsi.

Hingga tahun lalu, program listrik masuk desa baru menjangkau 28 Provinsi. "Dengan dana Rp 2,5 triliun itu, kita harus menaikkan rasio elektrifikasi sebesar 2%," kata Nasri, Minggu (20/5). Dengan kenaikan itu, rasio elektrifikasi nasional naik menjadi 75,3% pada akhir tahun nanti.

Selain untuk memperluas jaringan setrum di pedesaan, dana itu juga akan dipakai mendanai program pengembangan energi di wilayah pedesaan. "Target kita, seluruh desa yang sudah ada jalan harus bisa tersambung listrik," imbuhnya. Tentu PLN juga mempertimbangkan jumlah penduduk di desa tersebut.

Nasri menambahkan, dengan dana tersebut, PLN juga akan membangun 2.929 unit gardu listrik baru, membangun sepanjang 4.106 kilometer sirkuit (kms) jaringan listrik tegangan menengah, dan membangun 4.240 kms jaringan listrik tegangan rendah.

Sebagian dari anggaran pemerintah itu juga akan dipakai PLN untuk mengembangkan listrik murah dan hemat kepada 83.478 rumah tangga. "Untuk listrik desa di luar Jawa, PLN akan lebih mengutamakan menggunakan pembangkit tenaga surya (PLTS) dan pembangkit mikrohidro (PLTMH)," jelas dia.

Dari tahun ke tahun, pemerintah memang terus mengucurkan anggaran untuk listrik pedesaan. Pada 2010 lalu, misalnya, PLN memperoleh dana listrik desa sebesar Rp 571 milyar untuk 28 provinsi. Pada 2011, anggaran listrik masuk desa itu melonjak tajam menjadi sebesar Rp 2,9 triliun untuk 28 provinsi. Tahun ini, sebenarnya PLN mengusulkan anggaran untuk listrik pedesaan itu sebesar Rp 5 triliun sampai Rp 6 triliun. Dana itu untuk menaikan elektrifikasi 3% - 4%.

Asal tahu saja, saban tahun jumlah pelanggan PLN terus bertambah. Pada 2010 lalu PLN baru menjangkau 43 juta pelanggan. Tahun 2011, pelanggan bertambah menjadi 45 juta. Tahun ini PLN menargetkan 47 juta pelanggan.

0 komentar:

Posting Komentar